Unsur Kalimat dalam Bahasa Inggris (Part Of Speech)

A. Pengantar
Sebelum mempelajari grammar dalam bahasa Inggris secara utuh, maka kita harus terlebih dahulu mengenal keseluruhan unsur kalimat dalam bahasa Inggris atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dalam istilah part of speech. Sehingga kita tidak bingung ketika pengajar menggunakan istilah-istilah dalam grammar. Jika kamu sudah bisa memahami kedelapan unsur ini hingga detail aturan mainnya, maka bisa dikatakan kamu sudah bisa menguasai grammar bahasa Inggris. Selanjutnya, kamu tinggal memperbanyak kosa kata dan belajar cara pengucapan atau pronunciation dari setiap kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.

B. Unsur kalimat dalam bahasa Inggris:

  1. Verb (kata kerja), merupakan unsur kalimat dalam bahasa Inggris yang paling banya dan komple. Verb itu sendiri merupaan kata yang menggambarkan sebuah pekerjaan.
    Contoh: talk, walk, sleep. I want to sleep in my own room.
  2. Noun (kata benda), kata yang menunjukkan sesuatu atau seseorang.
    Contoh: table, room, pen. John tells me that he win the price.
  3. Adverb (kata keterangan), kata yang menerangkan Verb, Adjective, Adverb. Contoh: quickly, silently, well, very, really.
    Contoh dalam kalimat:
    1). She runs quickly > dia berlari dengan cepat (menerangkan kata “lari” yang dilakukan dengan “cepat“).
    2). He is very beautiful > dia sangat cantik. (menerangkan kata “cantik” dalam kualitas yang “sangat“).
    3). He runs very quickly > dia berlari sangat cepat (menerangkan “cepat” dengan kata “sangat“).
  4. Adjective (kata sifat), kata yang menerangkan/menjelaskan kata benda.
    Contoh: beautiful, smart, white, fast. contoh kalimat: you are beautiful. beautiful menerangkan you (kamu).
  5. Pronoun (kata ganti benda), mengganti posisi kata benda. Seperti Peter diganti jadi He, Buku diganti menjadi It.
    Contoh: Aliya is Indonesian, she is beautiful. Aliya diganti dengan she.

  6. Preposition (kata penghubung), mengubungkan kata benda dengan jenis kata yang lainnya, Seperti: to, at, after, before dll.
    Contoh kalimat: We went to school on monday. “to” menghubungkan went dengan school, sedangkan “on” menghubungkan school dan monday.
  7. Conjuctions (kata penghubung), kalau preposisi menghubungkan kata benda dengan jenis kata yang lain, tapi kalau Conjuction itu menghubungkan selain kata, seperti klausa dan kalimat seperti: and, when, while, but, after. Ada yang sama tapi ketika yang dihubungkan itu kalimat dengan kalimat, maka statusnya adalah konjungsi.
    Contoh kalimat: I was sleeping when he came.
    Ada banyak jenis dan fungsi conjunction. Untuk mengetahuinya lebih jauh silahkan lihat materi terkait di bawah.
  8. Interjections (tanda baca), kata-kata yang menunjukkan tanda baca seperti kata seru seperti, ouch, hi, well dll.
    Contoh kalimat: hi, honey.. how are you today?, well, I just get a little headache.

Demikianlah penjelasan tentang unsur kalimat dalam bahasa Inggris (part of speech), semoga bermanfaat. Jika kamu menyukai postingan ini, mohon like dan twitnya atau dengan berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Di TAMPAR keras oleh seorang Wanita 


disela siaran, kedatangan tamu yang memang sudah janjian untuk bertemu.

bicara ngaler ngidul dan tibalah saatnya ku di Tampar dengan puluhan kalimat yang membuatku Jleb kena di hati.

sebagai pengingat diriku dan sebagai introspeksi diri kepadaNya.

yang intinya …..

manusia kadang suka lupa setelah mendapatkan apa yang di dapatkan. jangan sampai kita seperti itu, wanita itu menceritakan dirinya dalam mebangun rumah tangga bersama pasangannya Jleb menjadi tamparan hebat buatku.
intinya lagi….

kita ketika belum mendapatkan pasangan, selalu berdoa minta di dekatkan jodoh kita dan dipercepat kepada Allah dalam doa kita setelah sholat, namun setelah mendapatkan jodoh dan menikah, dia selalu ingat akan doanya yang dulu, meminta jodoh pd allah, setelah dapat jodoh jangan sampai di sia-siakan di sayang. ya karena kadang manusia setelah menikah banyak pertengkaran yang terjadi tidak mensyukuri apa yang diberikan allah.

ketika kita punya masalah, ibadah kita lebih rajin meminta kepada allah, setelah mendapatkannya, kita malah jauh dari Allah
sama halnya ketika kita meminta disegerakan untuk mendapat keturunan, tapi setelah mendapat keturunan malah di sia-siakan, kadang di bentak, kadang di maki, kadang dilupakan, kadang anak malah menjadi pengganggu aktivitas kita, padahal anak itu rizki kita, rizki yang sudah diberi allah namun rizki lain lebih penting daripada anak anak kita.

inget sama sebuah meme yang mengatakan si anaknya bilang “ibu tega, gak brani dan gak mau nitip perhiasan ke pambantu bahkan dibawa atau di amankan, tapi aku anakmu sendiri ko bisa bisanya di titip ke pambantu/orang asing, apa aku tak berharga di mata ibu, perhiasan lebih berharga daripada aku” intinya sih kalimatnya seperti itu, lupa lagi. 
jadi, sayangilah pasangan halalmu sekarang apapun keadaanya, dia adalah anugerah dari allah buat mu, semogapun jika nanti ku diberi keturunan tidak akan menyia-nyiakannya, full bersama anak anakku dan suami, bukankah itu awal doa yang kupinta kepada allah, mungkin allah sedang menunggu saat yang tepat, apa akan bisa ku jalani jika ku diberi keturunan akan fokus sama anak anakku kelak, sementara aktivitasku setiap hari selalu diluar dari pagi sampai malam. ini menjadi tamparan hebat dan bersyukur sudah banyak bicara dengan wanita ini. 
so, sayangilah pasangan kita, ingat dengan doa kita dulu kepada allah, 

karena mendapat keturunan itu bukan hal sepele, tapi lebih besar lagi tanggung jawabnya , setiap dosa yang dilakukan anak kita, orang tua menanggungnya.
beberapa bulan lalu :
suami dari awal ingin mendapat keturunan seorang putri dulu.
aku : bi tadi aku ngisi keputrian di sekolah, mau denger gak isi materinya?

suami : apa? (dengan nada malas dan terpaksa mendengarkan)

aku : jadi intinya tugas laki laki ituberat lho ternyata, daripada perempuan yang kita tahu perempuan itu ko nampaknya berat ya, harus nutup aurat dan lain lain, tapi tahu gak, seorang suami itu menanggung dosa istri dan anak-anak perempuannya, ketika aku melakukan dosa, kamu pun menanggungnya, ketika anak kita perempuan membuka aurat misalkan, kamu menanggungnya juga. nah dikeluarga kamu kan ada ayah sama kamu, kamu sebagai kakak menanggung dosa mamah kamu dan adik kamu (perempuan). tapi kalau perempuan gak menanggung dosa orang lain.
lama lama suami tertegun dan mikir

suami : geus weh boga anak na lalaki we ah

aku : hahahha kenapa, berat nya hahhahaha
tapi bener2 pembicaraan wanita tadi membuat aku berkaca dan mengurangi sikap sikap jelekku yang kadag suka bentak suami, atau gak nurut suami hihihihi, 
dulu sering denger cerita sepasang kekasih yng putus kemudian cowoknya masih cinta mati dan gak bisa move on, dulu ku berpikir, ih seneng banget ya di cintai sampai klepek klepek gitu, pengen punya pasanga kayak gitu, karena yang selalu terjadi aku yang selalu rela berkorban buat pasangan dulu hahhaha
dan sekarang doaku terjawab dapat jodoh yang memang dia benar2 selalu mencari cara agar aku tersenyum, kalau menangis dia minta maaf, kalau sedih dia ikut sedih, asal ku bahagia dia bahagia, saking sayangnya kadang suka lebay sih.
bismillah, ingin merubah kembali sikapku, mau lebih lembut pada pasangan, jadi pengen cepet2 meluk suami dan bilang maaf dan sayang, terima kasih sudah menjad pasanganku, xixixiiixixix

#masih menunggu jempitan suami #gak akan marah meski telat 

 

yang merasa keTAMPAR juga, gunakan waktu kalian buat keluarga, suami, anak-anak selagi ada waktu, karena mereka adalah anugerah. 🙂
selamat menjalani ibadah sholat maghrib 🙂

Wisata Domba

Hari libur tgl merah jumat mumpung saudara pada kumpul d rmh ortu akhirnya rencana pengen main k suatu tempat.
Karena hari jumat wktunya akan terpotong sm jumatan, jadinya kita pilih tempat yang deket aja.

Wisata domba di rancabango

Pendapatnya…. Hehhehe
Ini lokasi sering bnyk digunakan org2 bergaya, dan adikku pengen bergaya beda dr yg lainnya, di bully sm kedua kakaknya 😀 

Sodara2 ku sama pasangan halalnya


Pulangnya baru terasa menyenangkan setelah main labirin di bawah hahahhahaha

Kerasa capek tp menyenangkan 

Orang-orang asing dan pelupa

Sekarang berita2 penculikan sudah sedikit memudar , masih ada sedikit ketakutan . Dan sebelum berita penculikan viral pun aku suka takut, maklum seorang wanita yang harus menjaga diri.
Kemana mana selalu di antar suami meski si istri bilang gak usah, karena dia bisa berangkat sendiri, tapi karena khawatirnya suami dia selalu gak ijinin kalau pergi jauh sendiri.
Rasa sebel iyaaa karena jadi gak bebas, rasa seneng iya di perhatiin, rasa syukur iya dpt pasangan yg begitu khawatirnya pada istrinya. Toh istri lain ternyata pergi kemanapun, suaminya santai aja yg penting selamat cenah 😀
Cuma efek jeleknya, karena dari sebelum nikah memang kalau pergi kemana mana sering diikuti sama suami sampai dua motorpun jadi, bahkan temanku suka bilang “meni setia di kawal wae kamana mana teh”.
Nah efek jeleknya istri jadi ketergantungan, kalau mau kemana mana harus sama suami, istri sudah melarangnya
“Yank…kamu tuh jangan gini banget ke aq, apa apa di anterin wae, nanti aq jd ketergantungan. Pas kamu gak ada. Aq jd gak berani gak kemana mana, pengennya dianterin 😦

“Biarin bagus” jawab suami sambil tersenyum seperti menang lotre

Istri memang sedikit kesel, makanya kalau dia mau ke alfamart yg jaraknya hanya 100meter meski bisa sendiri, istri pengen ditemani suaminya 😀
Cuma suami nurut nurut aja.

Kemarin, ketika siaran kebetulan suami sedang beres2 kosan yg baru kosong, dia mengambil beberpa barang dr rumah orang tuanya.

Saat itu aq sedang d rmh orangtuaku karena capek pulang ngawas UN di cisurupan dan sejenak tidur disana, kulihat jam dinding tinggal bebrapa menit lagi siaran, niatnya gak mau ngerepotin minta jemput. Mau naik kendaraan umum saja.
Pas mau berangkat, terdengar bunyi hp.
“Assalamu’alaikum”
Suami : wa’alaikumsalam, bun dimana?
Istri : di cirengit
Suami : siaran jam 5 kan?
Istri : iya
Suami : ya udah aq kesana skrg jemput km yah
Istri : ya udah

Kutunggu di jalan lumayan sedikit lama
Sampai di radio, dia langsung pergi lagi ke rumah buat membereskan kosan.

Jadwl siaran senin hanya satu jam, ketika selesai siaran tepat jam 6, niat pengen langsuung pulang, ku sms dia untuk menjemput namun tak kunjung ada balasan.
Karena ku merasa lelah ingin cepat pulang, ku berniat pulang sendiri saja, cukup dengan jalan kaki. Naik kendraan umum sedikit ribet krna harus naik dua kali. Dengan cahaya sudah gelap, membawa beberapa kresek dan helm di tangan. Sambil sedikit waspada, karena terbayang kisah teman yg ketika sedang berjalan tiba tiba di jambret.
Rasa parno tentang manusia manusia jahat selalu terlintas dalam pikiranku, wajarlah waspada kan.

ORANG ASING YG BERTANYA

Baru beberpa meter dr radio, berjalan di sepanjang trotoar, depan texas chicken, mobil yg sedang berhenti tiba tiba pintu depan terbuka. Seiring waktu berjalan, ketika langkah kakiku terus maju, pas ketika seorang laki laki sudah keluar dr mobil. Memakai baju hitam, masih muda, rambut sedikit gondrong.
Mendekatiku…….
Aku sedikit kosong sejenak saat itu. Pertama kalinya seperti ini. Mungkin krna selama ini gak pernah berjalan di pinggir jalan. Ini pertama kalinya ditanya sm org asing yg dia senfaja turun dr mobilnya (biasanya sambil dalam mobil dan setelah bertanya langsung melaju pergi). Tapi ini mobilnya memang dr jauhpun sudah berhenti.

Tahukah kalian, ketika pria asing ini menyapaku….
Pria asing : teh bade naros dupi charly texas palih mana?

Kalau dalam sinetron biasanya ketika satu kalimat saja atau satu adegan pasti ada adegan kaget wajah si pemainnya, lalu di zoom ke wjahnya semakin mendekat dan berbicara dalam hati, meski sebentar kalimat namun yg lamanya itu ketika menayangkan perasaan si pemain .
Nah itu yg kurasakan, ketika pria asing ini bertanya hanya sepenggal kalimat,
Dalam hati” ya allah posisiku berdiri tepat sebelah pintu mobil kedua, gak akan ada yg tiba tiba buka pintu dan menculikku kan?. Oh My God, gimana ini???? Aq harus siap siap memukulnya dengan helm ini jika dia berbuat sesuatu”

Karena perasaan diliputi rasa takut, curiga, aneh, aku jawab dengan nada sedikit sedikiiiiiiit ya nada tinggi namun halus dan wajah bingung dan kurang ramah
“Eta texas”
Aq langsung pergi. Ya allah kalau inget sih sebenrnya gak enak, harusnya sampai pria asing ini beres bertanya takutnya butuh bantuan lagi tp dilanda takut akhirnya aku langsung pergi, sambil berjalan pergi sedikit cepat yg tujuannya berusha jauh dr mobil itu
Dari kejauhan terdengar “oh ieu cenah texas na”.

Ku pikir sedikit aneh, sudah jelas texas di depan mata mereka ko masih bertanya. Wajar ketika ku semakin curiga, tapi memang dia bertanta charly texas, mungkin maksudnya charly dekat texas, antara mereka mau makan d texas atau mau karaokean di charly uuuuuwwwwww.

PENGENDARA ASING

Sepanjang jalan tetap melihat kesana kemari, karena waktunya setelah adzan maghrib jd jalan sedikit sepi ketika melewati perumahan bale endah. Setiap ada bunyi motor dibelakang kemudian mtor itu berhenti, pelan pelan ku menengok ke belakang, ternyata pengendara motor asing itu memang mau ke rumah yg ada dibelakangku.

Ah penuh dengan buruk sangka malam itu.
Ketika melewati jalan pataruman “oke…sudah semakin dekat, santai” dalam hatiku menenangkan diri.

SEPASANG KEKASIH ASING

Ku lihat ada beberpa pemuda-pemudi asing yg berjalan juga, yes setidaknya ada teman jalan meski gak kenal. Mereka berpisah yg akhirnya hanya berdua yg berjalan searah denganku. Namun beda posisi, ku ambil bahu jalan sebelah kiri, mereka sebeah kanan.

Masih dalam suasana sepi, malam gelap, sepasang kekasih asing ini ternyta sedang bertengkar sampai terdengar kata “anjing goblok” dr perempuan, sementara laki laki itu berusaha membujuknya.
Yaaah dr merasa tenang jadi takut lagi,
Sambil terus berjalan ku lihat ke kanan dan wanitanya tidak memakai sandal, sandalnya dibawa sama laki laki itu. Wanita itu terus berjalan.

Dalam hati berpikir ni cowok niatnya melindungi atau apa sih? Ko malah sandalnya dijinjing sm dia dan membiarkan wanita itu berjalan tanpa sandal di jalan.
Seru sih lihat mereka sambil berjalan sambil pengen mendengar yg dibicarakan (kepooo banget).
Namun sayang drama dalam perjalanan harus usai karena mereka berbelok ke sebuah gang, aku tetap maju jalan sambil kecewa “yaah gk bs lihat lagi deh” hahahaha ku tengok sejenak sambil jalan, masih dengan adegan hebat bahkan kalau tidak salah lihat cewek itu sempet memukul cowoknya.

SUAMI YG ASING
Eh gk asing lah, hahahaha cuma seperti bukan suamiku yg selalu ada setiap saat, gara gara faktor lupanya dia jadi lupa jemput istrinya 😀

Sampai gerbang rumah, susah membuka slot karena ada penghalang dan memang susah.
Ku ketuk pintu depan, pencet bell.
Akhirnya suami keluar dr pintu gerbang. Dia masih gak sadar apa yg salah.
Ketika menuju pintu belakang, istri tahu suami pasti lupa jemput .
Istri “ayank…aku jalan kaki dr rdio kesini, cape” dengan nada baik baik namun seperti sebuah keluhan namun sindir keras dan wajah kalem.

Suami : jalan kaki, aduuh lupaa bun, maaf bun, naha gk ngasih tahu atuh?
Istri “udah ngesms” sambil masuk ke rumah, suaminya mengikuti
Suami : “kirain teh itu sms yg td siang” dia pikir itu sms yg telat masuk ketika suruh jemput pulang ngawas UN
Istri : km kan tahu aku cuma siaran satu jam hari ini
Suami : kirain bakal lama dulu diradio
Istri :” hmmmmm” menghela napas saja.
Istri :” ayank mah giliran aku pengen lama di radio malah dtg, giliran pengen pulang cepet malah gk dtg”
Dalam hti sebenarnya gak apa apa sih, malah hanya bisa tersenyum, yg pnting aman dan selamat. 😀
Sholat maghrib deh…..

Rumah Pohon Papandayan ROBOH

Hari ini terakhir menjadi pengawas UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di SMK Nuurl Muttaqiin Cisurupan,
4 hari sudah ku lalui, memang dua hari sebelumnya sudah terpikirkan mumpung lokasi wisata dekat dengan lokasi aku ngawas dekat jadi ingin kesana.
tapi selama kemarin siang hari hujan terus, akhirnya paginya sudah niat aja, kalau hujan pulang saja, jika cerah pergi ke tempat wisata itu.

sehari sebelumnya sudah lihat foto-foto rumah pohon itu, lihat juga di youtube, memang dimana mana sudah banyak yang upload foto di tempat itu, cuma memang kurang begitu membuatku tertarik, entah karena sekarang aku sedang bosan untuk berpetualang lagi , mungkin karena tahun lalu sudah puas ketika ingin ke tempat A, B, C langsung dilakukan yang akhirnya membuatku sekarang malas untuk berpetualang lagi karena sudah kenyang.

tapi mumpung sambil pulang dan akhir tugas akhirnya aku minta suami buat kesana dulu kalau gak hujan, memang ketika menjemput udah mulai gerimis, cuma aku tes aja suami bakal mau gak ya kalau aku bilang pengen ke rumah pohon itu, kalaupun dia nolak gak apa apa, tapi ketika aku bilang ke rumah pohon, dia mengikuti arah kesana yeaaaaa

dalam perjalanan karena kami masih belum tahu tempatnya, apakah dekat dengan tempat wisata alam papandayannya yang jauh atau dekat sih, dalam perjalanan sudah mulai terasa rintik hujan

suami : tuh hujaan ah, pulang lagi yu
aku : dikit lagi ko (kobe, padahal mah teu apal, lagi tes kesabaran dia)

suami udah takut hujan jadi dia mau bertanya ke warga yang kami lewati
suami : mun jauh keneh, di teke nya
aku : nya sok
kami menghampiri warga yg sedang di jalan
suami : punten pak, bade tumaros dupi rumah pohon di palih mana?
warga : teras we, sakedap deui da
suami : tebih keneh teu pak?
warga : henteu, 1 km deui
suami : oh nuhun pak, assalamu’alaikum
warga : wa’alaikumsalam
kamipun maju lagiii

aku : jadi,,,saha nu kudu di tekeee?
suami : yeuuuuh…..(sambil mendekatkan helm nya ke belakangku) “mun wani, doraka tah ka salaki”
aku : hahhahahhahhaha iiiih (cuma nyolek helm nya aja)

ketika melihat ada beberapa rumah pohon yg masih di bangun, suami udah heran
suami : tuh belum beres rumah pohon na ge,
akupun merasa aneh, tidak sesuai dengan yg sudah ku lihat di foto2 sebelumnya
suami : udah we pulang
aku : iih da bukan ini, masa sedikit da banyak ih rumah pohonnya juga, bukan ini maju lagi
suami : udah jelas ini
aku : ih bukan, maju lagi (masih kobe padahal gak tahu, cuma feeling aja)
suami : yuk, tanya deui, mun salah tingalikeun
aku : nya

tanya warga lagi dan ternyata tinggal beberapa meter tempatnya, disana aku hanya tertawa gedeee menandakan bahwa aku benar, suami diam aja karena salah HAHHAHHAHAHHAHHA

dan tiba di tempat masuk
aku : tuuh kan bener ini,, ayoo masuk

17799148_1633810136646807_459168476119183991_n

kamipun memasuki area wisata yang masih baru ini, dengan cuaca gerimis dan dingiin sekali, untungnya memang benar murah ya hanya 10.000 dan bebas dimana saja, di rumah pohon pun gratis, kecuali hari sabtu dan minggu kena charge katanya.

akhirnya kita memilih rumah pohon yang bersih dicari sama suami dulu sih soalnya rumah pohon yang pertama masih kotor karena masih baru,

suami : yank, disini bersih, kesini
akupun naik ke atas dan enak bangeet karena ada meja kecil juga semuanya dari pohon bambu.
suami wajahnya seperti ada sedikit bimbang ternyata oh ternyata dia tidak PD karena takut roboh wkwkkwkkwkwkw berhubung badannya yang tinggi besar, dia menyuruhku untuk duduk di paling ujung

aku : kenapa? oh takut roboh?
suami ; heueum…

 

awalnya mau kita bawa makanan sebelum berangkat ngawas tapi niat ke papandayan udah tipis jad gak bawa apa apa, tapi beres ngawas dapat bingkisan makanan, roti, dan oleh oleh umroh dari guru jadinya dijadiin santapan makanan dan beli minuman di mini market.

17796505_1633808719980282_4067983523923637599_n17760233_1633807686647052_4259541610184353351_n
hmmmm subhanallah, nikmaat, suasana ademm pas banget buat yang ingin suasan yang menenangkan, ngadem.
buat kita yang udah halal malah lebih indah gak ada rasa takut, karena ada beberapa yang datang justru malah berpasang-pasangan anak muda yang belum halal. tapi karena pengunjung masih sedikit jadinya kita begitu menikmati suasananya.

suami : enak ya udah nikah mah
aku : kenapa?
suami : kalau pacaran mah, luak lieuk heula mau pegangan tangan teh, kalau udah nikah mah bebas

17800439_1633809093313578_6688553949249813388_n17800051_1633809286646892_2202219483328811364_n17799194_1633808903313597_1754047115204081635_n

habis makan, turun dari ruamh pohon jalan jalan menjelajahi tiap kursi goyang yang ada 😀
ketika mau duduk di kursi goyang
suami : emmm ngahina
aku : naon yank?
suami : eta aya tulisan “Max. 2 orang”
aku : hahahaha

suamiku itu udah terbilang dua orang kali ya, dia sadar diri ahahaha
sayangnya handphone saat itu lowbat jadi bener2 hanya digunakan ketika penting saja, makanya tidak begitu banyak di foto.
pindah lagi ke tempat lain tempat kursi goyang lagi, suami lihat lagi tulisan
suami : mmmm ngahina deui

17800213_1633807863313701_630035324921763646_n

terakhir ada yang paling ujung, dia segera duduk disana dan senang

17796347_1633806916647129_1768236280059035517_n
suami : tah ieu mah teu ngahina, gak ada tulisannya
aku hanya senyum saja
duduk berdua menikmati pemandangan

17799992_1633805673313920_7372550503463394872_n17800373_1633805789980575_3384476350399671040_n

aku : bener kan nikah mah gak ada bahan pembicaraan
suami melihatku sambil tersenyum dan membuka telapak tangannya, dan akupun memegang tangannya dan kita lurus memandang ke depan menikmati udara dan pemandangan.

setiap ada tempat rumah pohon yang tinggi suami selalu menghindar naik, karena rasa ketakutannya jika roboh ,

17798995_1633807136647107_504707697195277241_n17523530_1633807486647072_124353979887623829_n540052_1633805359980618_5215652232176826406_n17796154_1633805539980600_8810962710221439223_n17795863_1633805946647226_5846179764205074027_n17796599_1633806749980479_3950121657111087819_n

akhirnya sudah puas, dan beranjak mau pulang
aku : yank, ko sakit kepala ya
suami : sama, kan kepalanya kehujanan
kita menuju tempat keluar sambil sakit kepala, ku lihat ayunan pohon
aku : yank nyobain ini yuuk
suami hanya terdiam saja sambil melihat ayunan itu,
aku langsung nyoba sambil tiduran di ayunan pohon itu

aku :waaah yank enak , nyaman, rasa sakit kepala jadi sedikit hilang…….(tersenyum bahagia)
suami hanya melihat antara dia gak suka atau gak suka, dari wajahnya dia gak bisa ngelarang aku
aku : sini yang coba
tapi dia diam saa, ya sudah akupun berhenti dan majjuu jalaaan, ada lagi ayunan pohon di depan
aku : yank mau nyoba gak tuh,

jiaaah ternyata eh ternyata dia mau juga, dia hanya takut roboh aja, pelan pelan dia mulai duduk di ayunan itu belum sepenuhnya badan sudah khawatir, begitupun aku yang melihatnya

aku : yank..yank..gak usah, bisi labuh ah

kami hanya tertawa dan pergi.
perjalanan masih dalam cuaca dngin sekali,
suami : tenang we, ayena tiris, ke di garut kota mah panaas pisan
aku : hmmm enya nya

akupun sabar dan menikmati dinginnya perjalanan, ku nantikan hawa panasnya matahri laaah sampai rumah Pataruman sama sekali matahari malu memancarkan sinarnya yang akhirnya tetap dingin.

sampai rumah , gak kuat pusing kepala akhirnya tidur.
bangun tidur hanya 30 menit karena langsung siaran malam
hoaaam
rasanya itu beraaat banget ketika enak tidur harus segera pergi kerja lagi heuuu

lumayan siaran sambil merasakan kepala yang masih berat

cerpen ini selesai ku tulis, dan pas waktunya dengan selesainya aku siaran di LAPOPITA
selamat malam.
saatnya pulang dan istirahat kembali

Lupa Polisi Akhirnya Berduka

4 April 2017

Hari kedua ngawas UNBK di cisurupan, seperti biasa di antar jemput sama suami. Karena suami tidak akan membiarkanku harus sendirian pergi ke tempat jauh. Dan di cisurupan juga ada keluarga dari mamah mertua.
Selesai ngawas jam 12.30, sempat menunggu dulu di sekolah , namun karena banyak hal yg dilakukan di hari itu, akhirnya ku pamit duluan dengan guru guru lain.
Rencana mau ke wanaraja karena Allah lebih syg sama bibi saya yg akhirnya harus pergi dari dunia.
Sebelum ke sucinaraja, kami mengunjungi ke keluarga mamah mertua yg di cisurupan,
Kami membawa titipan oleh oleh dr mamah untuk bi Min namanya.
Terakhir kami kesana dua tahun lalu, ya ketika ngawas UN juga 2 tahun yg lalau d sekolah yg sama.

Suami sdh berada Di depan pintu rumah bi Min dan aku di belakangnya.
Suami : assalamu’alaikum
…… “Wa’alaikumsalam” jawab dr org rumah.
Dibuka pintunya, dan terlihatlah seorang nenek yg sudah tua.
Nenek : mangga kaleubeut
Kami siap2 masuk sambil membuka sepatu .
Dalam hatiku berpikir, “ini bi Min? Tp sudah tua sekali, perasaan dlu bukan ini”
Kami masuk dan sun tangan ke nenek itu.
Suami : ieu abang, putrana neneng nu ti Hampor
nenek : ti hampor? (sempat kaget sebentar) oh muhun muhun… Alah kumaha ieu pabalatak, nuju kuriak, ah calik didieu we nya teu sawios?
Suami : wios we
Aku hanya diam, senyum tapi berpikir ko setelah suami mengatakan dia dr mana seperti biasa saja, bukankah mereka keluarga yg sdh lama tidak berjumpa, tp ah sudahlah.
Kamipun duduk di bawah,
Nenek : sarehat sadayana? Mamah sehat? Ayah?
Suami : alhamdulillah sae,
Tapi kami masih merasakan rasa canggung dan aneh, lalu nenek itu sambil melihatku dan menunjuk suamiku
Nenek : “ieu carogena?”
Aku : muhun
Disana sudah mulai merasa janggal, ko gak kebalik, seolah olah suamiku yg jadi orang asing baru ketemu.
Nenek : punten teu tiasa dongkap, waktos nikahna dongkap teu? Ah da tos nini nini mah kumaha atuh
Suami : muhun teu sawios
Nenek itu masuk dulu ke kamar
Aku sudah merasa janggal, mungkin nenek ini masih belum sadar siapa kami.
Aku :” speak louder “(sengaja pake bahasa inggris agar tidak terdengar sama yang lain.)
Suami : apa?
Istri :” speak louder “(dengan memberi isyarat pake tubuh, yang artinya bicara lebih keras, karena aku melihatnya sepertinya karena memang sudah tua nenek sudah mulai kurang pendengarannya.)
Datang lagi nenek itu, dan duduk kembali, ngobrol dikit langsung ada bi Min,
Bi Min : eh abang, daramang.
Kami langsung salim dan sun tangan kepada Bi Min.
Bi Min langsung menyentuh pundak nenek dan mengatakan dengan keras” ieu teh Abang , putra neneng”
Nenek mendengar dengan seksama yg di katakan Bi Min dan .
“abang? Nu mana? Ieu abang? Abang neneng?” tatapannya ke suamiku seolah olah takpercaya dan memukul kaki suamiku campur aduk antara senang, tak menyangka,” Abaaaaaannnnng” teriak nenek , teriakannya juga mengagetkanku “ieu teh uyut abang,”
Nah..benerkan apa aku bilang jadi dari tadi nenek belum tahu siapa kami 😀
Masih dalam keadaan senang bertemu kembali nenek itu masih aja menyebut “abaang, atuh da jenggotan ayeuna mah, teu apal, meni ageung ayena mah, neng kapungkur mah aliit pisan neng”
Aku : muhun
Nenek sugan teh carogena neng ieu
Bi Min : uyut mah pikun ,
Nenek : muhun pikun, aduuh abaang keur alit na ge apal atuh.
Setelah lama berbicara baru sadar juga nenek tentang aku.
Nenek : neng teh nu basa eta kadieu nya sareng abang, ceuk abang teh pacar (2 tahun lalu)
Aku : muhun

Beberapa menit, akhirnya kami pamit, dari perjalanan rumah menuju motor di jalan kami sedikit tersenyum lucu karena kejadian tadi ketika uyut LUPA dan akhirnya baru inget.
Aku : kan kata aku juga bicara lebih keras tadi pas kamu ngomong dari awal kayaknya uyut gak denger dan jawab iya iya aja.
Suami : hehhe pasti dijadikeun cerpen
Aku : hahaha iyaaa

Perjalanan dari cisurupan menuju sucinaraja ambil jalan arah bayongbong, masih sekitar jam 13.20 saat itu, dan tempat dekat futsal yang biasa suka ada razia ternyata pas banget, biasanya suka melihat dulu kode banyak motor yang nunggu sebelum di tempat razia tapi karena suasana rintik hujan jadinya jalan agak sepi, hingga ketika kami melaju gak sadar di depan kami sudah ada pak POLISI sedang merazia,
Didepan kami ada mtor juga, dan di suruh untuk berhenti, yes kita selamat dari polisi pertama, ketika melaju beberapa meter lagi ada lagi polisi dan menyuruh kita berhenti, ternyata suami emang sengaja pelan pelan menjalankan motor, huuuh sebel deh.
Aku : yank, kamu lengkap kan?
Suami tak menjawab karena polisi langsung menyapa
Polisi : selamat siang pak, bisa lihat perlengkapannya
Suami langsung sibuk membuka sim di dompetnya sedikit ribet ngambilnya karena memakai jas hujan. Pak polisi membaca dan cek nama, STNK nya.
Suamipun sudah menyiapkan dan malah bilang .
Suami : ieu pak, STNK na kantos ical jadi di fotocopy
Aku mengerenyitkan dahi, laah aku baru tahu, soalnya kami sengaja tukeran motor dengan mamah mertua, karena motorku yang STNK nya hilang sih. duh si ayank ko stnk jelas jelas dh ada malah di fotocopy, bodor dalam hatiku.
Polisi : fotocopy? Nu aslina aya?
Suami : aya di bumi, di mamah
Polisi : jangan di fotofopy,
Aku sudah mulai deg degan, yaaah bakal kena tilanggg deh
Polisi : kalau di foto copy sama saja tidak ada STNK
Aku : “ke depan jangan fotocopy tapi bawa aslinya ya pak? “(Berharap agar memaafkan kami kali ini)
Polisi : “bukan ke depan, tapi sekarang juga tidak boleh, motornya harus di bawa dan ditilang, sini saya jelaskan pasal-pasalnya ”
pak polisi beranjak mau pergi ke tempat lain , aku sudah mulai hilang harapan kalau polisi udah bilang mau jelasin pasal pasti kena tilang, tapi saat 3 langkah polisi mau pergi suami langsung bilang
“duh pak ieu soalna bade ka sucinaraja, aya nu ngantunkeun”
Pak polisi kembali lagi ke arah kami
Polisi : kumaha? Kamana?
Suami : ieu bibi na ngantunkeun bade kaditu ayena teh
Polisi : kamana
Suami : sucinaraja (polisi sedikit kaget karena kan tempatnya masih jauh)
Polisi melihatku dan bertanya “bener ieu the teu bhong? ”
Aku : muhun pak, bibi abi.
Polisi : nya sok atuh, bener nya?
suami : makasih banyak pak (suami ngajak salam, dan polisi pun menerimanya).

Polisi mulai menCegat motor yg lain,
Kita melaju dan pergi sambil pamit ke pak polisi, “mari bang” kata suami. Polisi “Ya..”

Dlm perjalanan
Aku : “yank knp juga km bwa fotocopy sih”
Suami : haduh pertama kalinya merasakan ini, emang sengaja pelan pelan, asal jawab jujur gak usah takut”

Masih satu jam menuju suciraja, tiba di hilir tinggal beberapa meter lagi malah ban bocor,
Akhirnya nambal ban lumayan lama.
Ya, tak disangka kemarin keluarga kami BERDUKA , Sampai di rumah duka, kulihat pamanku yang ditinggalkan bibi. Aku Menahan tangis sekuat mungkin, you know lah, gak akan bisa menahan kalau ada yang meninggal, apalagi bibiku yang super baik di mata orang banyak, semuanya tak menyangka atas kematian bibiku ini, bahkan dianggap hoax karena bibiku meninggal tanpa sakit dulu ternyata, hanya ketika malam hari merasa pusing sampai pagi2 nya harus pergi meninggalkan semua, dan ternyata itu sesuai keinginan almarhumah bahwa beliau kalau meninggal tidak ingin merepotkan banyak orang, beliau pergi dengan tenang, semoga almarhumah dilapangkan kuburnya, di ampuni dosa-dosanya. Aamiin

Karena esoknya tetap ada jadwal ngawas akhirnya selesai maghrib kami pamit meski dalam keadaan hujan apalagi berat ketika ponakan bilqis yg saat itu disana juga ingin ikut, gak tahan kalau udah denger teriakan dia sambil menangis “bunda…..bunda….”

Sampai di rumah jam .19.30

Suami : bsk ke hampor dulu ah
Aq : ngapain?
Suami : mau bawa stnk nu mamah, ke pulangna ka jalan nu kamari deui, bari nunjukeun yeuuuh STNK na

Orang-orang asing dan pelupa

Sekarang berita2 penculikan sudah sedikit memudar , masih ada sedikit ketakutan . Dan sebelum berita penculikan viral pun aku suka takut, maklum seorang wanita yang harus menjaga diri.
Kemana mana selalu di antar suami meski si istri bilang gak usah, karena dia bisa berangkat sendiri, tapi karena khawatirnya suami dia selalu gak ijinin kalau pergi jauh sendiri.
Rasa sebel iyaaa karena jadi gak bebas, rasa seneng iya di perhatiin, rasa syukur iya dpt pasangan yg begitu khawatirnya pada istrinya. Toh istri lain ternyata pergi kemanapun, suaminya santai aja yg penting selamat cenah 😀
Cuma efek jeleknya, karena dari sebelum nikah memang kalau pergi kemana mana sering diikuti sama suami sampai dua motorpun jadi, bahkan temanku suka bilang “meni setia di kawal wae kamana mana teh”.
Nah efek jeleknya istri jadi ketergantungan, kalau mau kemana mana harus sama suami, istri sudah melarangnya
“Yank…kamu tuh jangan gini banget ke aq, apa apa di anterin wae, nanti aq jd ketergantungan. Pas kamu gak ada. Aq jd gak berani gak kemana mana, pengennya dianterin 😦

“Biarin bagus” jawab suami sambil tersenyum seperti menang lotre

Istri memang sedikit kesel, makanya kalau dia mau ke alfamart yg jaraknya hanya 100meter meski bisa sendiri, istri pengen ditemani suaminya 😀
Cuma suami nurut nurut aja.

Kemarin, ketika siaran kebetulan suami sedang beres2 kosan yg baru kosong, dia mengambil beberpa barang dr rumah orang tuanya.

Saat itu aq sedang d rmh orangtuaku karena capek pulang ngawas UN di cisurupan dan sejenak tidur disana, kulihat jam dinding tinggal bebrapa menit lagi siaran, niatnya gak mau ngerepotin minta jemput. Mau naik kendaraan umum saja.
Pas mau berangkat, terdengar bunyi hp.
“Assalamu’alaikum”
Suami : wa’alaikumsalam, bun dimana?
Istri : di cirengit
Suami : siaran jam 5 kan?
Istri : iya
Suami : ya udah aq kesana skrg jemput km yah
Istri : ya udah

Kutunggu di jalan lumayan sedikit lama
Sampai di radio, dia langsung pergi lagi ke rumah buat membereskan kosan.

Jadwl siaran senin hanya satu jam, ketika selesai siaran tepat jam 6, niat pengen langsuung pulang, ku sms dia untuk menjemput namun tak kunjung ada balasan.
Karena ku merasa lelah ingin cepat pulang, ku berniat pulang sendiri saja, cukup dengan jalan kaki. Naik kendraan umum sedikit ribet krna harus naik dua kali. Dengan cahaya sudah gelap, membawa beberapa kresek dan helm di tangan. Sambil sedikit waspada, karena terbayang kisah teman yg ketika sedang berjalan tiba tiba di jambret.
Rasa parno tentang manusia manusia jahat selalu terlintas dalam pikiranku, wajarlah waspada kan.

ORANG ASING YG BERTANYA

Baru beberpa meter dr radio, berjalan di sepanjang trotoar, depan texas chicken, mobil yg sedang berhenti tiba tiba pintu depan terbuka. Seiring waktu berjalan, ketika langkah kakiku terus maju, pas ketika seorang laki laki sudah keluar dr mobil. Memakai baju hitam, masih muda, rambut sedikit gondrong.
Mendekatiku…….
Aku sedikit kosong sejenak saat itu. Pertama kalinya seperti ini. Mungkin krna selama ini gak pernah berjalan di pinggir jalan. Ini pertama kalinya ditanya sm org asing yg dia senfaja turun dr mobilnya (biasanya sambil dalam mobil dan setelah bertanya langsung melaju pergi). Tapi ini mobilnya memang dr jauhpun sudah berhenti.

Tahukah kalian, ketika pria asing ini menyapaku….
Pria asing : teh bade naros dupi charly texas palih mana?

Kalau dalam sinetron biasanya ketika satu kalimat saja atau satu adegan pasti ada adegan kaget wajah si pemainnya, lalu di zoom ke wjahnya semakin mendekat dan berbicara dalam hati, meski sebentar kalimat namun yg lamanya itu ketika menayangkan perasaan si pemain .
Nah itu yg kurasakan, ketika pria asing ini bertanya hanya sepenggal kalimat,
Dalam hati” ya allah posisiku berdiri tepat sebelah pintu mobil kedua, gak akan ada yg tiba tiba buka pintu dan menculikku kan?. Oh My God, gimana ini???? Aq harus siap siap memukulnya dengan helm ini jika dia berbuat sesuatu”

Karena perasaan diliputi rasa takut, curiga, aneh, aku jawab dengan nada sedikit sedikiiiiiiit ya nada tinggi namun halus dan wajah bingung dan kurang ramah
“Eta texas”
Aq langsung pergi. Ya allah kalau inget sih sebenrnya gak enak, harusnya sampai pria asing ini beres bertanya takutnya butuh bantuan lagi tp dilanda takut akhirnya aku langsung pergi, sambil berjalan pergi sedikit cepat yg tujuannya berusha jauh dr mobil itu
Dari kejauhan terdengar “oh ieu cenah texas na”.

Ku pikir sedikit aneh, sudah jelas texas di depan mata mereka ko masih bertanya. Wajar ketika ku semakin curiga, tapi memang dia bertanta charly texas, mungkin maksudnya charly dekat texas, antara mereka mau makan d texas atau mau karaokean di charly uuuuuwwwwww.

PENGENDARA ASING

Sepanjang jalan tetap melihat kesana kemari, karena waktunya setelah adzan maghrib jd jalan sedikit sepi ketika melewati perumahan bale endah. Setiap ada bunyi motor dibelakang kemudian mtor itu berhenti, pelan pelan ku menengok ke belakang, ternyata pengendara motor asing itu memang mau ke rumah yg ada dibelakangku.

Ah penuh dengan buruk sangka malam itu.
Ketika melewati jalan pataruman “oke…sudah semakin dekat, santai” dalam hatiku menenangkan diri.

SEPASANG KEKASIH ASING

Ku lihat ada beberpa pemuda-pemudi asing yg berjalan juga, yes setidaknya ada teman jalan meski gak kenal. Mereka berpisah yg akhirnya hanya berdua yg berjalan searah denganku. Namun beda posisi, ku ambil bahu jalan sebelah kiri, mereka sebeah kanan.

Masih dalam suasana sepi, malam gelap, sepasang kekasih asing ini ternyta sedang bertengkar sampai terdengar kata “anjing goblok” dr perempuan, sementara laki laki itu berusaha membujuknya.
Yaaah dr merasa tenang jadi takut lagi,
Sambil terus berjalan ku lihat ke kanan dan wanitanya tidak memakai sandal, sandalnya dibawa sama laki laki itu. Wanita itu terus berjalan.

Dalam hati berpikir ni cowok niatnya melindungi atau apa sih? Ko malah sandalnya dijinjing sm dia dan membiarkan wanita itu berjalan tanpa sandal di jalan.
Seru sih lihat mereka sambil berjalan sambil pengen mendengar yg dibicarakan (kepooo banget).
Namun sayang drama dalam perjalanan harus usai karena mereka berbelok ke sebuah gang, aku tetap maju jalan sambil kecewa “yaah gk bs lihat lagi deh” hahahaha ku tengok sejenak sambil jalan, masih dengan adegan hebat bahkan kalau tidak salah lihat cewek itu sempet memukul cowoknya.

SUAMI YG ASING
Eh gk asing lah, hahahaha cuma seperti bukan suamiku yg selalu ada setiap saat, gara gara faktor lupanya dia jadi lupa jemput istrinya 😀

Sampai gerbang rumah, susah membuka slot karena ada penghalang dan memang susah.
Ku ketuk pintu depan, pencet bell.
Akhirnya suami keluar dr pintu gerbang. Dia masih gak sadar apa yg salah.
Ketika menuju pintu belakang, istri tahu suami pasti lupa jemput .
Istri “ayank…aku jalan kaki dr rdio kesini, cape” dengan nada baik baik namun seperti sebuah keluhan namun sindir keras dan wajah kalem.

Suami : jalan kaki, aduuh lupaa bun, maaf bun, naha gk ngasih tahu atuh?
Istri “udah ngesms” sambil masuk ke rumah, suaminya mengikuti
Suami : “kirain teh itu sms yg td siang” dia pikir itu sms yg telat masuk ketika suruh jemput pulang ngawas UN
Istri : km kan tahu aku cuma siaran satu jam hari ini
Suami : kirain bakal lama dulu diradio
Istri :” hmmmmm” menghela napas saja.
Istri :” ayank mah giliran aku pengen lama di radio malah dtg, giliran pengen pulang cepet malah gk dtg”
Dalam hti sebenarnya gak apa apa sih, malah hanya bisa tersenyum, yg pnting aman dan selamat. 😀
Sholat maghrib deh…..

Bahagia itu bukan dicari tapi diciptakan